Jebakan batman Nested ESX: Jangan clone ESX host

ic-tux2Ketika kita membuat nested ESX menggunakan VMware Workstation, kita tentu tergoda untuk membuat linked clone, termasuk pula untuk host ESXnya. Disinilah jebakan batman itu. Ketika kita mengclone sebuah VM, maka Mac addressnya akan sama dengan VM aslinya. Hal ini tentu akan membuat error sebab akan terjadi duplikasi Mac address di network. Sebenarnya saya sudah sadar akan hal ini, jadi saya telah mengenerate Mac address baru di clonenanya. Dan host ESX hasil clone itu pun terlihat bekerja dengan baik. Dapat di add ke dalam cluster dan lain-lain.

Masalah baru terlihat ketika akan mencoba vmotion. Vmotion gagal pada 10% dengan pesan error “timed out”. Berdasarkan VMware kb ini salah satu cara troubleshootingnya adalah dengan melakukan vmkping dari satu host ke host lainnya. Nah disinilah baru terlihat ternyata antara host ESX satu dan clonenya tidak bisa saling ping. Yang anehnya adalah masing-masing host bisa ping VM lain dan sebaliknya. Aneh kan.

Solusinya adalah jangan pernah mengclone host ESX. Selalu install host baru sesuai kebutuhan. Semoga tulisan ini bermanfaat :)

Singapura, 5 Januari 2013
Fajar Priyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>