Pengalaman Menginstall Linux di IBM x3650M4 BD (Big Data) Server

ic-tuxgenericIBM x3650M4 BD adalah server yang diperuntukkan bagi kita yang memerlukan sebuah server dengan kapasitas harddisk yang besar. Itulah arti dari kode BD, Big Data. Saya beruntung mendapat kesempatan untuk merakit dan mensetup server ini dan menginstallnya dengan Linux.Spesifikasinya adalah:
2x 8 core CPU
128GB RAM
12x 4TB HDD (disetup dengan RAID6 dan 1 hot spare menghasilkan 32TB space)

Linux yang digunakan adalah Centos 6.5 x64.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menginstallnya:
- Karena server ini menggunakan UEFI, maka kita harus membuat partisi UEFI System Partition, berikan space 200MB. Mount pointnya /boot/efi.
- Mengenai swap, menurut dokumentasi bila server kita memiliki RAM lebih dari 32GB, maka kita cukup memberikan swap sebesar 4GB, namun server saya ini akan digunakan untuk KVM, saya belum menemukan referensi yang tepat berapa swap yang sebaiknya, oleh karena itu untuk amannya saya berikan swap sama seperti RAM yaitu sekitar 128GB.
- EXT4 memiliki max size volume secara default sebesar 16TB. Bila kita ingin lebih maka kita bisa memformatnya dengan ukuran block yang lebih besar.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai server ini bisa dilihat di sini

Juga video ini:

x3650m4-bd

Demikianlah sedikit cerita kali ini. Semoga bermanfaat :)
Fajar Priyanto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>